@thesis{thesis, author={NOVALIA GRACE}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI TOKOH-TOKOH PROKLAMASI DI KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR T.P 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/828/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS materi Tokoh-tokoh Proklamasi di kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060937 Medan Johor di kelas V-A dan kelas V-B, dengan jumlah keseluruhan siswa di kelas V sebanyak 62 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian ini adalah tes uraian untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan rata-rata test akhir siswa, diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 65,67 dan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen 75,19. Pengujian hipotesis untuk data tes akhir menggunakan uji independen antara dua faktor (B x K) dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh x2 = 7,39 ≥ x2(0,95)(3) = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data, diperoleh lebih besar dari pada sehingga ada pengaruh Model Make A Match pada mata pelajaran IPS dari pada Metode Konvensional. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh Proklamasi di Kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.} }