@thesis{thesis, author={SITOHANG LIKE MAWARTI}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAAS IV SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/829/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan adanya pengaruh signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together , penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVA SD Negeri No.060934 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan jumlah keseluruhan siswa 35 orang, jumlah siswa laki-laki 8 orang dan perempuan 14 orang. Sebagai sampel adalah perbaikan pembelajaran dalam bilangan bulat yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Alat pengumpulan data adalah tes tertulis yang dibatasi pada jenjang kognitif C1. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji kesamaan dua rata-rata. DAri analisis data yng diperoleh hasil belajar siswa pre test rata-rata kelas IvA 24,36 dan rata-rata kelas IVB diperoleh rata-rata 26,14. Perolehan rata-rata Post tes hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together adalah 72,18 dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional 70,67. DAri hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan ada pengaruh signifikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Number Head Together pada mata pelajaran pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sd Negeri No.060934 Tahun Pelajaran 2017/2018.} }