@thesis{thesis, author={Rico Indra and Saputra Stefen}, title ={SISTEM MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA CV. ARTHARASINDO PALEMBANG}, year={2019}, url={http://rama.mdp.ac.id:84/20/}, abstract={Penerapan CRM (Customer Relationship Management) secara tidak langsung dikatakan sebagai pengkomputerisasian data pelanggan, Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga dapat terjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Dalam menjalankan bisnisnya kendala yang dihadapi adalah untuk mendapatkan pelanggan baru serta mempertahankan pelanggan lama. Kendala tersebut terjadi karena kurangnya informasi mengenai produk, layanan dan informasi promosi yang tersedia untuk pelanggan, akibatnya dari sisi perusahaankesulitan dalammengukur tingkat kepuasan pelanggan baik layanan dan produk yang tersedia. Hal lain yang menjadi penyebab adalah riwayat transaksi dan pemesanan tidak terorganisasi dengan baik. Berdasarkan permasalahan diatas maka salah satu solusi adalah dengan membangun sistem CRM (Customer Relationship Management = Manajemen Hubungan Pelanggan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RUP(Rational Unified Process)danpembangunan perangkat lunak CRMmenggunakan PHP dan MySQL. Dalam proses selanjutnya diharapkan CRM ini dapat mengatasi permasalahan yang telah diungkap sebelumnya} }