@thesis{thesis, author={Swandy Jevon Felix}, title ={JJK Carwash Home Service (Perencanaan Pendirian Usaha Jasa Cuci Mobil Panggilan di Palembang)}, year={2022}, url={http://rama.mdp.ac.id:85/310/}, abstract={Gaya hidup masyarakat semakin hari semakin berkembang mengikuti perubahan zaman yang mengacu dan bergerak kepada modernitas. Gaya hidup bisa dikatakan menjadi sebuah tren dan kebutuhan bagi setiap masyarakatnya. Modernitas dapat dijadikan sebuah acuan untuk mengarah pada kemajuan di setiap sektor yang ada, seperti teknologi, perindustrian, infrastruktur, gaya hidup sehari-hari, sampai pola pikir dan tingkah laku manusia. Gaya hidup yang modern cenderung menyajikan dan menyediakan hal-hal yang praktis, ringkas, dan aktual. Terlebih lagi di masa sekarang kendaraan terlihat semakin padat di jalanan kota-kota besar maupun kota kecil. Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia maka bisnis cuci kendaraan pun semakin marak dan semakin dilirik banyak pebisnis. Dalam era globalisasi menuntut setiap orang untuk melihat peluang yang ada. Banyak peluang yang ditawarkan tapi sifatnya hanya spekulasi meraih keuntungan sesaat. Dalam hal ini saya menyusun rencana tentang “Cucian mobill”. Secara prinsip cucian mobil punya kesamaan tujuan dengan rutinitas mandi tubuh pada manusia. Cucian mobil membersihkan kotoran yang melekat pada seluruh bagian mobil yang terlihat dan terjangkau sehingga memberikan perubahan penampilan menjadi lebih menarik enak dilihat dan nyaman dikendarai (M. Anang Firmansyah & Anita Rosmawarni, 2019). JJK Carwash Home Service optimis dengan membuat masyarakat mulai peduli dengan kendaraanya dan tidak harus mengorbankan waktu serta meninggalkan pekerjaan karena JJK Carwash Home Service akan membantu dan mempermudah mereka dengan membuka usaha Cucian mobil panggilan yang berkualitas dan cepat memahami kebutuhan konsumennya. Dari segi pemasaran, JJK Carwash Home Service akan menggunakan berbagai media untuk mengenalkan JJK Carwash Home Service kepada masyarakat-masyarakat Palembang seperti dengan memberikan brosur-brosur ke tempat showroom mobil, bengkel-bengkel dan tempat mall. JJK Carwash Home Service juga akan mengikuti pameran berbagai acara misalnya event-event contest mobil serta pameran otomotif. Promosi yang dilakukan yaitu dengan promosi personal dengan memanfaatkan social media seperti Facebook, Instagram atau aplikasi messenger lain seperti Whatsapp Messenger yang dirasa cukup efektif untuk mempromosikan usaha ini dan juga penggunaan internet dan media-media sosialnya sangat meluas di masyarakat sehingga memudahkan dalam mempromosikan usaha JJK Carwash Home Service. Dalam aspek organisasinya Owner merupakan pemilik pemimpin tertinggi dalam usaha JJK Carwash Home Service, Owner memimpin bawahannya yaitu 2 karyawan cuci mobil. JJK Carwash Home Service merupakan suatu usaha yang tidak berbadan hukum yang sifatnya swasta, karena itu perjanjian tidak terlalu rumit hanya cukup memiliki SITU dan SIUP. Pangsa pasar yang sangat besar membuat JJK Carwash Home Service yakin untuk membangun bisnis ini. Jumlah kendaraan beroda empat atau bermobil yang tergolong banyak di kota Palembang, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Palembang yaitu 9,5 juta unit per dua tahun terakhir. Hal ini sangat signifikan untuk memulai bisnis ini, lagi pula walaupun banyak pesaing namun JJK Carwash Home Service memiliki keunggulan yang berbeda terutama dari pelayanan. Target yang dibidik oleh JJK Carwash Home Service adalah semua jenis mobil dari tahun keluaran lama sampai ke tahun keluaran terbaru. Target pasar JJK Carwash Home Service adalah segmen usia 25–54 tahun yang merupakan dewasa, sampai orang tua, yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang merupakan dewasa sampai orang tua, yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dimana termasuk ke dalam orang-orang sibuk bekerja dan memiliki aktivitas tinggi (wiraswasta, pegawai negeri, karyawan swasta, dll) yang mempunyai rasa peduli terhadap kendaraan yang dipakai agar tetap nyaman dan selalu kelihatan seperti mobil baru. Serta targeting yang di bidik tidak semua jenis kendaraan pribadi namun juga instansi-instansi juga perusahaan-perusahaan swasta yang ada di kota Palembang yang menggunakan mobil sebagai kegiatan operasionalnya. Berdasarkan survei yang telah diajukan kepada 60 responden mengenai jasa cucian mobil panggilan di kota Palembang dengan menggunakan kuisioner, maka data yang diperoleh adalah sebanyak 58% dari rentang usia 17 sampai 30 tahun yang akan berpeluang menjadi customer cuci mobil panggilan, tertarik dan berminat menggunakan jasa cucian mobil panggilan adalah sebesar 81,6% dan yang setuju memilih usaha cucian mobil panggilan daripada cucian biasa adalah sebesar 73,7%. JJK Carwash Home Service berkantorkan di sebuah lokasi di Jl. Residen H Abdul Rozak. Yang dimana lokasinya bersamaan dengan usaha orang tua yaitu PT. JJK (Jevon Jaya Karya) Diharapkan dengan pemilihan lokasi tersebut dapat mengikuti jejak usaha ayah dan juga dapat memperbesar nama usaha ini di masyarakat palembang. Dalam pelaksanaan usaha Cucian mobil JJK Carwash Home Service nantinya akan menggunakan modal pribadi dan modal orang tua. Berda} }