@thesis{thesis, author={Putra Lindo Nico and Zahiruddin Achmad}, title ={MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA TOUR & TRAVEL UMROH HAJI PT ATINA RAHMATAKA WISATA (MADINAH ASH-SYAM)}, year={2021}, url={http://rama.mdp.ac.id:84/82/}, abstract={Tour & Travel umroh/haji merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan pelayanan pariwisata dan layanan umroh/haji. Perusahaan ini mengalami keterbatasan media informasi promosi, akibatnya pelanggan kurang mengetahui informasi secara lengkap dan benar. Dalam proses bisnisnya PT Atina Rahmataka Wisata masih menggunakan cara manual dengan sedikit bantuan teknologi yaitu Micrositf Excel, dimana PT Atina Rahmataka Wisata dalam melakukan transaksi dengan pelanggan masih harus dengan tatap muka atau langsung datang ke perusahaan, Di dalam dunia bisnis yang semakin ketat persaingannya, maka dibutuhkan sistem yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sistem yang dibangun meliputi data jamaah umroh haji, kategori kelas dan paket tour jamaah umroh haji, media promosi, detail harga dan pembayaran, sampai kelengkapan syarat sebelum berangkat. Aplikasi ini dirancang menggunakan metodologi iteratif yang terdiri dari fase perencanaan, fase analisis masalah, fase perancangan, fase implementasi, dan fase pemeliharaan dengan bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP, JavaScript, CSS dan HTML, sedangkan MySQL sebagai database. Hasil yang didapat adalah sebuah aplikasi Manajemen Hubungan Pelanggan yang dapat meningkatkan hubungan pelanggan dengan perusahaan tersebut} }