@thesis{thesis, author={Hidayati Azkiya and YOGI ISMET SOMIAH}, title ={PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA BERBASIS INKUIRI UNTUK SISWA KELAS V SDN 32 MUARA AIR HAJI KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN}, year={2022}, url={http://repo.bunghatta.ac.id/10065/}, abstract={Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanbahanajarberupamodulpembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model inkuiripadamateritekseksplanasiuntuksiswakelas V SDN 32 Muara Air Haji. yang valid, praktis, danefektif. Teori yang dipakaisebagaiacuanadalahpendapatpendekataninkuirioleh (Shoimin) danpendapatmoduloleh (Daryanto), Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianpengembangan (Research and Development) dengantahappengembangan 4-D yaitudefine, design, develop, disseminate. InstumenPenelitianyaitumeliputilembarvalidasi, lembarpraktikalitas, danlembartes.Modulinidivalidasiolehtigadosenahlimateri, ahli Bahasa, dandosenahlitampilan.Berdasarkanhasilpenelitianditentukan.Pertama, Prosedurpengembanganmodul yang dirancangmelalui 4 tahapyaitutahappendefisian (define), tahapperancangan (design), tahappengembangan (development), dantahappenyebaran (dissemination).Kedua, kualitaspadamoduldikembangkandilakukan 3 ujicobayaituujivalidasi, ujipraktikalitas, danefektivitas.Padaujivalidasi, modulmenggunakan model inkuirimemenuhikriteriasangat valid oleh validator materi, Bahasa dandesaindengannilai rata-rata 89,41%. denganrincianaspek, Padaaspekmateriterdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaitukomponenmodul,kelayakanisimodul,susunanmoduldanevaluasimoduldengannilai rata-rata 89,90% dengankriteriasangat valid, padaaspek Bahasa terdapatbeberapaindikatorpertanyaanyaitulugas, komunikatif dialog daninteraktifdankesesuaiandenganpesertadidikdengannilai rata-rata 83,33% dengankriteria valid, danaspekdesainterdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaitutampilandankesesuaiankomponenmodul dengan nilai rata-rata 95% dengankriteriasangat valid. Padaujipraktikalitasmodulmenggunakan model inkuiri, dalamujiskalaterbataspadaangketpersertadidikterdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaituminatsiswa, proses penggunaannya, peningkatankreativitassiswa, efesiensiwaktudanevaluasidengan rata-rata presentase 93,15% moduldikategorikansangatpraktis, skalakecilpadaujicobamenurutangket guru terdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaitukepraktisanpenggunaanmodul, efesiensiwaktu, kesesuaianilustrasidan Bahasa dengannilai rata-rata presentase 95% kriteriasangatpraktis, danangketpersertadidikskalakecilterdapatbeberapaindickatorpertanyaanyaituminatsiswa, proses penggunaannya, peningkatankreativitassiswa, efesiensiwaktudanevaluasidengan rata-rata presentase 93,78% dengankriteriasangatpraktis. PadaujiefektivitasmodulskalaterbatasyaituModuldikategorikanefektifbaikdarihasilujicobaskalaterbatasmelaluilembarsoalujicobaefektifitasmemperoleh 58,90%, diategorikancukupefektifmaupunskalakecilyaitu 55,11% dikategorikancukupefektifdenganmenggunakanrumus N-gain. Dari hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapengembanganmodulpembelajaranbahasa Indonesia berbasisinkuiripadamateritekseksplanasiuntuksiswakelas V SDN 32 Muara Air Haji KecamatanLinggo Sari BagantiKabupatenPesisir Selatan yang dihasilkansangat valid, sangatpraktis, danefektifsehinggasudahbisadigunakandalam proses pembelajarandikelas V SDN.} }