@thesis{thesis, author={Erman Har and Shinta Lestari}, title ={ANALISIS KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 09 BEROK NIPAH PADANG}, year={2022}, url={http://repo.bunghatta.ac.id/10266/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan umtuk menganalisis kondisi lingkungan belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SD Negeri 09 Berok Nipah Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan jumlah total sampel sebanyak 18 siswa yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kondisi lingkungan belajar siswa dengan 15 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata kondisi lingkungan belajar adalah 3.55 ± 0,27. Terdapat hubungan yang signifikan dengan t hitung 6.901 dan koefisien desterminasi 12,0%, hal ini berarti kondisi lingkungan belajar (X) berkontribusi tehadap hasil belajar (Y). Hubungan kondisi belajar dengan hasil belajar secara umum memperlihatkan hubungan yang rendah 0,120. Penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kondisi lingkungan belajar termasuk kategori rendah. Dari hasil penelitian diharapkan siswa dapat memahami apa yang dipelajari dengan baik. Kata Kunci : Kondisi Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA} }