@thesis{thesis, author={Friscillia Kurniawan and Yulfia Nora}, title ={PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS V SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG}, year={2022}, url={http://repo.bunghatta.ac.id/9863/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis Contextual Teaching and Learning pada kelas V yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research dan Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan development. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang terdiri dari lembar validasi dan lembar praktikalitas. Lembar validasi terdiri dari tiga aspek yaitu validasi aspek materi, aspek bahasa, dan aspek desain. Sedangkan lembar praktikalitas diisi oleh guru dan siswa. Berdasarkan validasi modul oleh validator diperoleh rata-rata validasi sebesar 95% dengan kriteria sangat valid, dengan rincian aspek materi 91,66%, aspek bahasa 100%, dan aspek desain 96,66%. Praktikalitas modul oleh guru dan siswa yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru sebesar 95% dan praktikalitas oleh siswa sebesar 95,95%, sehingga rata-rata praktikalitas guru dan siswa sebesar 95,93% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul IPS berbasis Contextual Teaching and Learning untuk kelas V sekolah dasar valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk siswa maupun guru. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Pembelajaran IPS, Model Contextual Teaching and Learning.} }