@thesis{thesis, author={PERGUSDA ANDRI}, title ={STUDI DESKRIPTIF TINGKAT KEJENUHAN MAHASISWA DENGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN SELAMA PENDEMI COVID-19 DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA}, year={2021}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/1249/}, abstract={ANDRI PERGUSDA. ?Studi Deskriptif Tingkat Kejenuhan Mahasiswa dengan Pembelajaran Dalam Jaringan Selama Pandemi COVID-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta? LATAR BELAKANG: Terkait adanya penyebaran Covid-19 maka segala kegiatan didalam dan diluar ruangan sementara waktu ditunda demi mengurangi penyebaran virus Covid-19. Kondisi demikian menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Bentuk inovasi tersebut yaitu dengan melakukan pembelajaran secara online atau dalam jaringan. Hasil wawancara pada tanggal 12 September 2020 terhadap 3 mahasiswa yang tinggal diasrama mengatakan bahwa kejenuhan belajar sering dirasakan selama pembelajaran online. TUJUAN: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kejenuhan mahasiswa dengan pembelajaran dalam jaringan selama pendemi Covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021. METODE : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, populasi berjumlah 87 orang dengan sampel 67 orang. Teknik purposive sampling, alat ukur kuesioner menggunakan adaptasi dari Maslach Burnout Inventory (MBI-SS). HASIL: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kejenuhan mahasiswa dengan pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19 di STIKES Bethesda 2021 dalam kategori sangat rendah 0%, rendah 15%, sedang 69%, tinggi 16%, sangat tinggi 0%. KESIMPULAN: Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kejenuhan mahasiswa dengan pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2021 dengan kategori sedang dengan persentase 69%. SARAN: Metode pembelajaran dalam jaringan yang di berikan harus menarik agar mahasiswa tidak jenuh selama pembelajaran. Mahasiswa harus aktif dalam proses pembelajaran dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan dengan lebih memperhatikan variabel lain yang dapat mempengaruhi kejenuhan belajar. Kata Kunci: tingkat kejenuhan ? pembelajaran daring XV ? 40 ? 9 tabel ? 2 skema ? 12 lampiran KEPUSTAKAAN: 25, 2011-2021} }