@thesis{thesis, author={NA'U INGGRID}, title ={HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENJALANI PROSES PERKULIAHAN METODE DARING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2021}, year={2021}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/1269/}, abstract={INGGRID NA?U. ?Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Kedisiplinan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menjalani Proses Perkuliahan Metode Daring Di Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021?. Latar Belakang: Pembelajaran daring merupakan sistem pendidikan jarak jauh dengan metode pengajaran terpisah dari aktivitas belajar. Studi awal di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta dari 50 mahasiswa semester II, IV, VI, dan VIII bahwa 10 mahasiswa kurang paham dan focus pada pelajaran yang di sampaikan dosen, 20 mahasiswa mengalami kendala saat pembelajaran daring sedang berlangsung, dan 30 mahasiswa meningkatkan semangat menjalani pembelajaran secara daring dengan memotivasi diri sendiri dan disiplin belajar Tujuan: Mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Kedisiplinan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menjalani Proses Perkuliahan Metode Daring Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021. Metode: Desain korelatif kuantitatif dengan cross sectional study. Populasi penelitian berjumlah 444. Jumlah sampel penelitian ini adalah 82 orang mahasiswa keperawatan di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta. Alat ukur menggunakan kuisioner. Analisi data penelitian ini menggunakan spearman rank. Hasil: Terdapat hubungan motivasi belajar dengan tingkat kedisiplinan mahasiswa keperawatan dalam menjalani proses perkuliahan metode daring dengan nilai korelasi 0,324 (tingkat keeratan cukup). Kesimpulan: Terdapat hubungan motivasi belajar dengan tingkat kedisiplinan mahasiswa keperawatan dalam menjalani proses perkuliahan metode daring di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2021. Saran: Hasil penelitian digunakan sebagai bahan acuan untuk melakukan penelitian kualitatif yang berhubungan dengan motivasi dan tingkat kedisiplinan mahasiswa dalam menjalani proses perkuliahan metode daring. Kata Kunci : motivasi belajar-tingkat kedisiplinan-metode daring xvi + 81 hal + 11 tabel + 2 skema + 17 lampiran Kepustakaan: 37, 2011-2021} }