@thesis{thesis, author={ARDIANTA PETRA}, title ={MEKANISME KOPING MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2020}, year={2021}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/1299/}, abstract={PETRA ARDIANTA. ?Mekanisme Koping Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2020.? Latar Belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan kebijakan pembelajaran menjadi Kegiatan Belajar Mengajar secara online (daring) termasuk diseluruh indonesia. Pembelajaran daring yang masih asing bagi mahasiswa memberikan dampak berupa stressor selama pembelajarandaring diberlakukan. Tujuan penelitian: Mengetahui mekanisme koping mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di STIKES Bethesda Yakkum tahun 2020. Metode penelitian: Kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel sebanyak 6 responden saturasi satu dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dengan wawancara mendalam. Analisis data dengan trankripsi, koding, kategorisasi, verifikasi, dan triangulasi. Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini mendapatkan dua tema yaitu proses mekanisme koping dan faktor ? faktor yang mempengaruhi proses mekanisme koping. Kesimpulan: Penanggulangan stressor yang di alamai mahasiswa selama pembelajaran daring dapat dikategorikan mampu menggunakan mekanisme koping secara baik dan benar serta mekanisme kopingya bersifat adaptif. Saran: Peneliti selanjutnya dapat meneliti mengenai hubungan faktor - faktor yang mempengaruhi mekanisme koping terhadap stressor selama pembelajaran daring. Kata Kunci: COVID-19, Pembelajaran Online, Mekanisme Koping. xvi + 71 halaman + 2 tabel + 2 skema + 11 lampiran. Kepustakaan: 50, 2008-2020.} }