@thesis{thesis, author={CHRISTI VERONICA AMELLITA EKA PURNAMA}, title ={HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN TINGKAT ANSIETAS MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN REGULER DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2021}, year={2021}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/1576/}, abstract={VERONICA AMELLITA EKA PURNAMA CHRISTI ?Hubungan antara self efficacy dengan tingkat ansietas menghadapi pembelajaran daring pada mahasiswa Sarjana Keperawatan Reguler di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2021?. Latar Belakang: WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global dilihat dari tingkat penyebaran yang cepat. Permasalahan global terlebih pada sektor pendidikan mengharuskan seluruh kegiatan belajar mengajar disekolah maupun perguruan tinggi menggunakan metode daring. Sinyal tidak stabil, kuota mahal, penyalahgunaan waktu belajar, beban tugas yang bertambah menjadi kekurangan dalam metode daring yang menimbulkan kecemasan pada mahasiswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan yaitu self efficacy. Individu dengan self efficacy yang tinggi akan mempunyai sikap gigih tidak tertekan dalam menghadapi sesuatu. Tujuan: Mengetahui hubungan antara Self Efficacy dengan tingkat ansietas menghadapi pembelajaran daring pada mahasiswa sarjana keperawatan reguler di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2021. Metode Penelitian: Penelitian menggunakan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel cluster sampling jumlah sampel 102 orang di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021. Alat ukur kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil Penelitian: Hasil Kolmogorov-Smirnov dengan ? = 0,05 didapatkan nilai p- value 0,000 < 0,05 nilai korelasi sangat kuat 0,846. Kesimpulan: Ada hubungan antara self efficacy dengan tingkat ansietas menghadapi pembelajaran daring pada mahasiswa Sarjana Keperawatan Reguler di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2021. Saran: Peneliti selanjutnya disarankan meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi self efficacy mahasiswa sarjana keperawatan reguler dalam menghadapi pembelajaran daring. Kata Kunci: Self Efficacy ? tingkat ansietas ? pembelajaran daring xvi + halaman 96 + tabel 17 + skema 2 + lampiran 16 Kepustakaan: 44, 2010-2021} }