@thesis{thesis, author={CHRISTY DEVITA MILIA}, title ={STUDI FENOMENOLOGI PERAN GURU DALAM PENERAPAN ORAL HYGIENE PADA ANAK AUTISME DI PUSAT TERAPI AUTISME PERMATA ANANDA JARANAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN 2022}, year={2022}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/2173/}, abstract={DEVITA MILIA CHRISTY. ? Studi Fenomenologi Peran Guru dalam Penerapan Oral Hygiene pada Anak Autisme di Pusat Terapi Autisme Permata Ananda Jaranan Banguntapan Bantul ?. Latar belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering dijumpai pada anak autisme yaitu karies gigi, gigi berlubang. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mencegah masalah gigi pada anak autisme perlu dilakukan oral hygiene disekolah yang di dampingi oleh guru didiknya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penerapan oral hygiene pada anak autisme Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara semiterstruktur. Subyek dari penelitian ini adalah Guru di Pusat Terapi Permata Ananda Jaranan Banguntapan Bantul. Teknik penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan 4 partisipan. Hasil di transkip dan dianalisis menggunakan thematic content analysis. Hasil : Terdapat 4 partisipan didapatkan 133 kode dan 8 kategori kemudian diambil 5 tema yaitu peran guru pendidik dalam pemahaman tentang oral hygiene, peran guru pembimbing dalam penerapan oral hygiene, peran guru penasehat dalam penerapan oral hygiene, peran guru innovator dalam penerapan cara-cara yang baru dalam melakukan oral hygiene, peran emansipator supaya anak bisa percaya diri. Kesimpulan : Guru memiliki peran pendidik, pembimbing, penasehat, innovator, emansipator yang semua berperan penting dalam menerapakan oral hygiene pada anak autisme. Saran : Bagi peneliti selanjutnya yang meneliti tentang penerapan oral hygiene pada anak autisme agar memperluas area penelitian mendapatkan data yang lebih luas Kata kunci : Oral hygiene-guru-autisme xiv+2 tabel + 2 skema + 13 lampiran Kepustakaan : 33, 2010-2016} }