@thesis{thesis, author={CLARET LIDIA MARIA}, title ={PERSEPSI MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN TINGKAT 3 TENTANG PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2022}, year={2022}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/2337/}, abstract={LIDIA MARIA CLARET. ?Persepsi Mahasiswa Sarjana Keperawatan Tingkat 3 Tentang Penggunaan E-learning Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022?. Latar Belakang: PBL di STIKES Bethesda yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi secara e-learning sejak pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap 6 mahasiswa, 5 mahasiswa menyatakan PBL secara e-learning kurang efektif daripada PBL tatap muka karena banyak gangguan teknis. Tujuan: Mengetahui persepsi mahasiswa tentang model pembelajaran PBL di STIKES Bethesda yang dilaksanakan secara e-learning. Metode: Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi penelitian yakni mahasiswa Sarjana Keperawatan Reguler tingkat 3 STIKES Bethesda yang berjumlah 101 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 6 partisipan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan analisis data menggunakan metode Colaizzi. Hasil: Penelitian ini memperoleh 6 tema yakni pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan PBL secara e-learning/online, hambatan dalam pelaksanaan PBL secara e-learning/online, upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan PBL secara e-learning/online, kelebihan PBL yang dilaksanakan secara e- learning/online, kekurangan PBL yang dilaksanakan secara e-learning/online, dan harapan mahasiswa untuk pelaksanaan PBL kedepannya. Kesimpulan: Mahasiswa berpendapat bahwa PBL secara e-learning memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas namun menyulitkan mahasiswa dalam memahami materi. Saran: Peneliti selanjutnya hendaknya fokus meneliti variabel lain untuk dianalisis seperti hambatan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan PBL secara e-learning. Kata Kunci: Persepsi ? Problem Based Learning ? E-Learning xiv + 75 Hal + 1 Tabel + 2 Skema + 11 Lampiran Kepustakaan: 50, 2012-2021} }