@thesis{thesis, author={ANDRIANO YOSEF}, title ={PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KELANCARAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTIS USIA PRA SEKOLAH DI PUSAT TERAPI AUTISME PERMATA ANANDA JARANAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN 2018}, year={2018}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/252/}, abstract={Yosep Andriano. ?Pengaruh Brain Gym terhadap Kelancaran Komunikasi Verbal pada Anak Autis Usia Prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda Jaranan Banguntapan Bantul Yogyakarta Tahun 2018?. Latar Belakang : Pusat Terapi Yayasan Permata Ananda merupakan tempat terapis anak autisme, salah satu fasilitasnya adalah kelas bahasa. Siswa dalam kelas bahasa masih sulit berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama. Tujuan : Mengetahui pengaruh brain gym terhadap kelancaran komunikasi verbal pada anak autis usia prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda Jaranan Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun 2018. Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest without control group. Populasinya adalah anak autisme usia pra sekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Ananda Yogyakarta berjumlah 15 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi dengan jumlah sampel 15 orang. Pengumpulan data menggunakan Denver Developmental Screening Test II (DDST II). Analisis dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon Signed Test dengan komputerisasi. Hasil : Hasil p value sebesar 0,004 dengan tingkat kemaknaan ?= 0.05 (p < 0.05) maka H0 ditolak dan H? diterima. Kesimpulan : Ada pengaruh brain gym terhadap kelancaran komunikasi verbal pada anak autis usia prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda Jaranan Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun 2018. Saran : Bagi institusi Pusat Terapi Autisme diharapkan senam brain gym dapat dijadikan sebagai intervensi dalam meningkatkan kelancaran komunikasi verbal pada anak autisme. Kata kunci : Brain Gym ? DDST II ? Kelancaran Komunikasi Verbal xix + 162 hal + 15 tabel + 19 gambar + 2 skema + 8 lampiran Kepustakaan : 52, 2007 ? 2016} }