@thesis{thesis, author={PATTY VENNY}, title ={HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT STRES BELAJAR PADA REMAJA PUTRI DI SMP YAYASAN INSTITUT INDONESIA YOGYAKARTA}, year={2016}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/420/}, abstract={VENNY PATTY. ?Hubungan Status Gizidengan Tingkat Stres Belajar pada remaja putri di SMP Yayasan Institut Indonesia Yogyakarta tahun 2016?. Latar Belakang: Masalah status gizi masih menjadi permasalahan di Indonesia mencangkup kekurangan gizi dan kelebihan gizi. Data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukan bahwa prevalensi obesitas pada usia balita adalah 11,9%. Selanjutnya prevalensi obesitas pada usia remaja sampai dewasa adalah 32,9% pada perempuan dan sebesar 19,7% pada laki-laki. Prevalensi kurus pada remaja umur 13-15 tahun adalah 11,1% terdiri dari 3,3% sangat kurus dan 7,8% kurus (Depkes, 2014). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat stress belajar pada remaja putri di SMP Yayasan Institut Indonesia Yogyakarta tahun 2016. Metode: Desain penelitian kolerasi dan pendekatan Cross Sectional dengan uji Statistik chi-square Skala Preceived Stress Scala (PSS) 10. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Yayasan Institut Indonesia Yogyakarta tahun 2016 pada tanggal 16 September 2016 dengan 48 responden dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunaka ntimbangan BB dan kuesioner Preceived Stress Scala (PSS) 10. Hasil: Hasil analisa dengan chi-square secara komputer didapatkan hasil P value= 0,006 < ? = 0,05 dengan keeratan sedang 0,482. Kesimpulan : Ada hubungan status gizi dengan tingkat stress belajar pada remaja putri di SMP Yayasan Institut Indonesia Yogyakarta tahun 2016. Saran : Diharapkan penenelitiselanjutnya memeliti tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi status gizi dan tingkat stres belajar seperti ekonomi, lingkungan dan kesehatan. Kata Kunci: Status gizi, tingkat stress belajar Viii+ 80 halaman + 10 tabel + 2 skema + 8 lampiran Kepustakaan : 20, 2006-2016} }