@thesis{thesis, author={DEWI CHRISMAWANTI KUSUMA}, title ={HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI S-1 ILMU KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2014}, year={2015}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/445/}, abstract={CHRISMAWANTI KUSUMA DEWI. ?Hubungan Antara Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Stikes Bethesda Yogyakarta Tahun 2014? Latar belakang: Problem-based learning merupakan suatu pendekatan pendidikan dengan menggunakan bahan stimulus untuk membantu mahasiswa berdiskusi tentang masalah yang penting. PBL di STIKES Bethesda membosankan mahasiswa di karenakan para mahasiswa masih dalam masa peralihan dan adaptasi. Tujuan: Mengetahui hubungan antara penerapan metode pembelajaran PBL dan motivasi belajar mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Desember Tahun 2014. Metode: Desain penelitian ini adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sample yang diambil 108 mahasiswa prodi S-1 ilmu keperawatan STIKES Bethesda YAKKUM Yogyakarta tingkat II semester III. Pengambilan sample menggunakan random sampling. Instrument berupa kuesioner tertutup. Analisis menggunakan korelasi tata jenjang sperman. Hasil: Penerapan metode pembelajaran problem based learning dengan kategori cukup 83,3% dan motivasi belajar mahasiswa tingkat II dengan kategori sedang 59,3%. Hasil analisis uji Sperman rank didapatkan nilai korelasi sebesar 0,616 dengan p value 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Ada hubungan antara penerapan metode pembelajaran PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta dan motivasi belajar mahasiswa S1 Tingkat II STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2014. Saran: Disarankan peneliti lain untuk meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi terhadap proses penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning Kata Kunci: problem based learning ? motivasi xvii + 72 + 9 tabel + 3 skema + 7 lampiran Kepustakaan: 34, 2004-2014} }