@thesis{thesis, author={ROSARI MARIA RAPHELINA}, title ={HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA DI KELURAHAN KLITREN KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019}, year={2019}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/582/}, abstract={MARIA RAPHELINA ROSARI ?Hubungan antara Penerimaan Diri dengan Motivasi Belajar pada Remaja di Kelurahan Klitren Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta Tahun 2019? Latar Belakang: Masalah yang sering terjadi saat masa remaja yaitu perubahan perilaku, remaja belum bisa melakukan penerimaan diri dengan baik. Salah satu perubahan perilaku yang terjadi pada remaja yaitu mengenai proses belajar di sekolah. Proses belajar di sekolah sangat dipengaruhi dengan motivasi belajar yang ada dalam remaja. Dari hasil wawancara dengan tujuh remaja empat remaja mengatakan malas belajar, dua remaja mengatakan terkadang mengulang kembali materi pelajaran di rumah bersama kelompok belajar dan satu remaja mengatakan mempelajari materi di rumah apabila besok ujian. Tujuan: Mengetahui hubungan antara penerimaan diri dengan motivasi belajar pada remaja di Kelurahan Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta Tahun 2019. Metode: Desain penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah remaja berusia 11-15 tahun di Kelurahan Klitren berjumlah 738 orang. Jumlah sampel 88 remaja, teknik pengambilan sampel cluster sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji statistik Chi Square. Hasil: Hasil uji statistik Chi Square dengan tingkat kemaknaan 0,05 didapatkan nilai p value 0,018 < ? 0,05 dengan nilai Coefisien Contingensi 0,345 termasuk kedalam kategori rendah. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara penerimaan diri dengan motivasi belajar pada remaja di Kelurahan Klitren Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta Tahun 2019. Saran: Peneliti selanjutnya yang tertarik dengan motivasi belajar dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait faktor lain seperti pola asuh dan dukungan sosial remaja. Kata kunci: Penerimaan Diri, Motivasi Belajar, Remaja. xviii + 99 halaman + 12 tabel + 3 skema + 16 lampiran Kepustakaan: 32, 2007-2017} }