@thesis{thesis, author={NIRMALA MARIA SEPTI}, title ={HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN VIDEO GAME DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK MARIA ASSUMPTA KLATEN 2019}, year={2019}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/583/}, abstract={MARIA SEPTI NIRMALA. ?Hubungan Kebiasaan Bermain Video Game dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak Kanak Maria Assumpta Klaten 2019?. Latar Belakang : Bahasa adalah aspek penting, karena bahasa merupakan media komunikasi anak dengan lingkungannya. Banyak anak mulai umur tiga tahun yang mengenal berbagai jenis game. Video Game dapat mempengaruhi aspek perkembangan anak . Hasil studi pendahuluan menunjukkan sebagian besar siswa siswi TK Maria Assumpta Klaten bermain video game. Tujuan : Mengetahui hubungan kebiasaan bermain video game dengan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah di TK Maria Assumpta Klaten 2019. Metode : Penelitian ini adalah jenis kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada tanggal 22, 23 dan 27 Juli 2019. Penelitian ini menggunakan uji statistik spearman rank. Pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 79 responden dari total 98 responden. Menggunakan alat ukur lembar observasi DDST II dan angket kebiasaan bermain video game yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil : Diperoleh nilai p value 0,013, dengan nilai C -0,279. Kesimpulan : Ada hubungan antara kebiasaan bermain video game dengan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten 2019 dengan tingkat keeratan cukup. Saran : Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk meneliti keterkaitan bermain video game dengan aspek perkembangan anak lainnya (motorik halus, motorik kasar dan personal sosial). Kata Kunci : Video Game-Perkembangan Bahasa-Usia Prasekolah Xviii+93 halaman+14 tabel+2 skema+2 gambar+14 lampiran Kepustakaan : 44, 2009-2018} }