@thesis{thesis, author={SARMENTO MELINA SANTOS}, title ={PENGARUH PENYULUHAN GAYA BELAJAR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MENGIKUTI ULANGAN HARIAN PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 5 YOGYAKARTA TAHUN 2018}, year={2019}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/586/}, abstract={Latar Belakang : Salah satu gangguan dalam ulangan harian yang memerlukan perhatian serius adalah kecemasan. SMPN 5 Yogyakarta merupakan salah satu SMPN ternama yang memiliki akreditasi A ketika peneliti mewawancarai 7 orang siswa kelas VII 5 siswa mengatakan cemas terkhusus pada matapelajaran Matematika. Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi gangguan mental emosional (gejala-gejala depresi dan ansietas) di Indonesia sebesar 6% (lebih dari 14 juta jiwa) untuk usia <15 tahun keatas. Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Penyuluhan Gaya Belajar Terhadap Tingkat Kecemasan Mengikuti Ulangan Harian Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 5 Yogyakarta Tahun 2018? Metode : Desain penelitian Quasi Eksperiment dengan pendekatan one group pre-test and post-test design. Jumlah populasi 319 orang dan sampel 88 orang dengan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil : Hasil sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan gaya belajar didapatkan p 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Penyuluhan gaya belajar memiliki pengaruh untuk menurunkan tingkat kecemasan pada siswa Kelas VII Di SMPN 5 Yogyakarta Tahun 2018 Saran: Diharapkan sekolah dapat memberikan penyuluhan tentang gaya belajar kepada siswa khususnya kelas VII karena kelas VII adalah kelas peralihan yang baru masuk sekolah, sehingga siswa mengetahui sejak awal tentang gaya belajar yang harus diterapkan. Kata kunci : Penyuluhan - penurunan tingkat kecemasan. xviii + 105 hal + 17 tabel + 4 skema + 9 lampiran Kepustakaan : 72, 2007-2017 1Mahasiswa S-I Ilmu Keperawatan, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta. 2Dosen Prodi S-I Ilmu Keperawatan, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.} }