@thesis{thesis, author={SUSANTI APRILLYANI RIKA}, title ={HUBUNGAN TIPE KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK ABA NGEMPLAK YOGYAKARTA TAHUN 2020}, year={2020}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/611/}, abstract={APRILLYANI RIKA SUSANTI. ?Hubungan Tipe Keluarga dengan Kemampuan Sosialisasi pada Anak Prasekolah di TK ABA Ngemplak Yogyakarta Tahun 2020? Latar Belakang : Di Indonesia sebesar 85,779 (62,2%) anak usia prasekolah mengalami gangguan perkembangan sosial. Faktor yang mempengaruhi sosialisasi pada anak khususnya adalah keluarga. Keluarga memerlukan pelayanan kesehatan dari berbagai macam pola kehidupan, sesuai dengan perkembangan sosial, maka tipe keluarga juga akan berkembang mengikutinya, agar dapat mengupayakan peran keluarga dalam meningkatkan derajat kesehatan dan perkembangan anak di dalam suatu keluarga. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tipe keluarga dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK ABA Ngemplak Yogyakarta Tahun 2020. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional di TK ABA Ngemplak 17-19 Februari 2020. Teknik pengambilan sampel dengan total populasi mendapatkan jumlah sampel 59 responden anak dan orang tuanya. Alat ukur yang digunakan adalah wawancara dan lembar observasi, dengan analisis univariate dan bivariate. Hasil : Analisis bivariate menggunakan uji spearman rank menunjukkan bahwa tidak ada hubungan tipe keluarga dengan kemampuan sosialisasi pada anak dengan nilai signifikasi 0,372. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan tipe keluarga dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah. Saran : Bagi peneliti lanjutan perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat hubungan sikap orang tua, perilaku orang tua, dan pola pengasuhan orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah. Kata Kunci : Tipe keluarga, kemampuan sosialisasi, anak prasekolah. xvii+79 halaman+9 tabel+2 skema+16 lampiran Kepustakaan: 35, 2010-2019} }