@thesis{thesis, author={SURIANTO PASKALIS}, title ={PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP KECEMASAN ANAK KELAS IV DAN KELAS V PASKA GEMPA DI SEKOLAH DASAR IMANUEL PALU SULAWESI TENGAH TAHUN 2019}, year={2019}, url={http://repo.stikesbethesda.ac.id/701/}, abstract={PASKALIS SURIANTO, ?Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Kecemasan Anak Kelas IV Dan Kelas V Paska Gempa Di Sekolah Dasar Imanuel Palu Sulawesi Tengah Tahun 2019?. LATAR BELAKANG: Kecemasan merupakan suatu perasaan subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dari ketidak mampuan mengatasi suatu masalah atau tidak adanya rasa aman (Anwar, 2015). Setelah gempa yang terjadi di Palu Sulawesi Tengah tahun 2018 30 anak mengatakan sering merasakan seperti adanya guncangan meskipun tidak terjadi gempa. TUJUAN: Mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan anak paska gempa. METODE: Penelitian ini menggunakan quasy experimental design dengan rancangan one group pre test and post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan kelas V yang mengalami kecemasan berjumlah 60 anak. Teknik sampling menggunakan total populasi dengan jumlah 60 anak. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. HASIL: Hasil pengujian secara statistik didapatkan hasil p value = 0,000, dengan nilai koefisien ? (alfa) = 0,05 maka p value < ?. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa H? diterima sehingga ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan anak kelas IV dan kelas V paska gempa di Sekolah Dasar Imanuel Palu Tahun 2019. KESIMPULAN: Ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan anak kelas IV dan kelas V paska gempa di SD Imanuel Palu Sulawesi Tengah Tahun 2019. SARAN: Peneliti lain diharapkan untuk meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan anak paska gempa. KATA KUNCI: terapi bermain puzzle ? kecemasan XVIII + 92 halaman + 9 tabel + 2 skema +14 lampiran Kepustakaan: 33, 2008-2018} }