@thesis{thesis, author={Depy Oktapian Akbar DO and Nur Hafifah NH and Rahmayanti Fitriah (1103048601) RF}, title ={ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA}, year={2018}, url={http://repo.stikesborneolestari.ac.id/255/}, abstract={ABSTRAK Analisis waktu tunggu pelayanan resep pasien BPJS rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD Ratu Zalecha Martapura Nur Hafifah (DF15014) , Depy Oktapian Akbar, Rahmayanti Fitriah . Salah satu pelayanan di rumah sakit yang diharapkan memenuhi standar pelayanan minimal adalah pelayanan farmasi. Salah satu standar minimal pelayanan farmasi di rumah sakit adalah waktu tunggu. dengan standar minimal yang ditetapkan kementerian kesehatan adalah ≤ 30 menit untuk resep non racikan,sedangkan waktu tunggu pelayanan obat racikan adalah ≤60 menit . Penelitian yang dilakukan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura ini bertujuan untuk mengetahui rata -rata waktu tunggu pelayanan resep pasien BPJS rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Ratu Zalecha, Dan mengetahui faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep pasien BPJS rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Ratu Zalecha. Dari penelitan didapatkan bahwa Rata - rata waktu tunggu pelayanan resep yaitu 16,64 menit untuk resep non racikan sedangkan 27,57 menit untuk resep racikan. Rata - rata waktu tunggu pelayanan di depo farmasi rawat jalan RSUD Ratu Zalecha sudah memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit sesuai Kepmenkes no.129 tahun 2008 yang. Faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep pasien BPJS rawat jalan antara lain : Sumber Daya Manusia, peralatan dan fasilitas atau sarana dan prasarana, Jumlah resep yang diterima, dan Jumlah item obat yang ada di resep. Kata Kunci : Waktu tunggu pelayanan resep, Pasien rawat Jalan, Instalasi farmasi RSUD Ratu Zalecha Martapura} }