@thesis{thesis, author={Atni Primanadini (030811019) AP and Muhammad Arsyad (010912030) MA and Webi Febrian WF}, title ={SURVEI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENGAMBILAN DARAH DI LABORATORIUM RSUD IDAMAN BANJARBARU}, year={2018}, url={http://repo.stikesborneolestari.ac.id/279/}, abstract={ABSTRAK SURVEI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENGAMBILAN DARAH DI LABORATORIUM RSUD IDAMAN BANJARBARU Webi Pebrian Atni Primanadini, Muhammad Arsyad Pelayanan di bidang kesehatan seperti laboratorium kesehatan memegang peran penting dalam mendiagnosa pasien, hasil yang akurat akan memberikan data yang baik serta bermanfaat dalam melayani pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Laboratorium RSUD Idaman Banjarbaru terhadap pasien rawat jalan yang akan di ambil darah nya. Kualitas pelayanan diduga berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan berdampak pada aktifitas word of mouth. Penelitian ini di tunjukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Total Sampling dan mendapatkan total pasien sebanyak 32 orang dan melakukan wawancara secara langusng terhadap pasien rawat jalan. Terdapat gambaran antara kualitas pelayanan laboratorium di RSUD Idaman Banjarbaru dengan tingkat kepuasan pasien baik 71.9%, kurang baik 28.1% dan untuk kepuasan yang datang 71% dan yang tidak baik dengan jumlah 28% sehingga penting bagi pihak rumah sakit khusus nya di laboratoriumnya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada untuk mencapai kepuasan pasien yang lebih maksimal lagi. Kata Kunci: Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pelayanan Laboratorium.   ABSTRACT PATIENT SATISFACTION SURVEY ON BLOOD TAKING SERVICES IN LABORATORY OF RSUD IDAMAN BANJARBARU Webi Pebrian Atni Primanadini, Muhammad Arsyad Health services such as health laboratories play an important role in diagnosing patients, accurate results will provide good data and are useful in serving patients. The purpose of this study was to determine the quality of service at the Laboratory of Banjarbaru Ideal Hospital towards outpatients who will take their blood. Service quality is thought to influence patient satisfaction and impact on word of mouth activities. This study was shown to examine the effect of the quality of service provided on patient satisfaction. This study uses a questionnaire as a primary data collection tool. In this study using Accidental Total Sampling method and getting a total of 32 patients and conducting interviews directly with outpatients. There is a picture between the quality of laboratory services at Banjarbaru Hospital with a good level of patient satisfaction 71.9%, 28.1% less good and 71% for coming satisfaction and 28% less good, so it is important for the special hospital in the laboratory to continue to improve quality of service available to achieve maximum patient satisfaction. Keywords: Service, Patient Satisfaction, Laboratory Services.} }