@thesis{thesis, author={Amiliya Putri AP}, title ={Pengaruh Iklan Obat Batuk di Televisi terhadap Penggunaan Obat Secara Swamedikasi pada Masyarakat Desa Simpang Empat Pengaron}, year={2021}, url={http://repo.stikesborneolestari.ac.id/636/}, abstract={Swamedikasi adalah upaya masyarakat untuk mempertahankan kesehatan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan obat batuk di televisi terhadap penggunaan obat secara swamedikasi pada masyarakat Desa Simpang Empat dengan desain penelitian cross-sectional dan teknik pengambilan sampel yaitu Quota sampling yang termasuk dalam kriteria inklusi penelitian ini. Sampel penelitian ini sebanyak 351 responden dengan mayoritas responden berjenis kelamin perempuan, berada pada rentang usia 17-25 tahun dengan pendidikan terakhir SMA/SMK dan tidak memiliki pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Desa Simpang Empat melakukan pengobatan swamedikasi secara tepat yaitu sebesar 319 orang (91%) sedangkan tidak tepat hanya terdapat 32 orang (9%). Hasil analisa Chi-Square menunjukkan bahwa nilai Exact Sig. (2-sided) atau P value yang diperoleh adalah 0,000 atau < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, bermakna ada pengaruh iklan obat batuk ditelevisi terhadap penggunaan obat secara swamedikasi pada masyarakat di Desa Simpang Empat.} }