@thesis{thesis, author={SUutopo Bangun}, title ={Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Kejenuhan Siswa di SMPN 3 Jombang Kelas VIII}, year={2018}, url={http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/1610/}, abstract={Pendahuluan : Kejenuhan merupakan fenomena yang terjadi pada siswa di sekolah, kejenuhan terjadi karena adanya suatu tuntunan belajar yang harus dipenuhi oleh seorang siswa dalam proses belajar, aturan di lingkungan sekolah, prestasi, dan tuntutan untuk memiliki keterampilan. Siswa yang mengalami kejenuhan dan perasaan tertekan akan sulit untuk menyerap informasi, membuat siswa merasa kurang berhasil dan akan mengakibatkan semangat belajar menjadi berkurang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh senam otak (brain gym) terhadap tingkat kejenuhan siswa. Desain penelitian: Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan one group pre-post test design. Populasi seluruh siswa kelas viii di SMPN 3 Jombang berjumlah 284 responden, dengan jumlah sample yang diambil sebagian siswa yang berjumlah 71 responden.Pengambilan sampel menggunakan metode propotional random sampling.Instrumen penelitian variabel senam otak (brain gym) dan kejenuhan menggunakan lembar kuesioner.Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating.Uji statistik data penelitian menggunakan uji wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian yang diperoleh sebelum dilakukannya senam otak mengalami kejenuhan sedang (62,0%), setelah dilakukan senam otak terjadi penurunan yaitu (57,7%) dan kejenuhan rendah menjadi (36,6%) yang sebelumnya hanya (11,3%). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan ?-value sebelum dan sesudah dilakukan senam otak adalah (0,000) dengan nilai ?=0,05 yang berarti H? diterima. Kesimpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh senam otak (brain gym) terhadap tingkat kejenuhan pada siswa. Kata kunci : Kejenuhan siswa, Senam otak} }