@thesis{thesis, author={Astutik Ayu Reni}, title ={Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien (di Ruang Melati RSUD Bangil, Pasuruan)}, year={2018}, url={http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/1773/}, abstract={Kepuasan pasien menjadi tanggungjawab pihak pelayanan kesehatan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan pasien, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu datang dan berobat pada layanan kesehatan tersebut. Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Melati RSUD Bangil Pasuruan. Desain penelitian adalah penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya semua pasien di RSUD Bangil sejumlah 60 pasien. Tehnik sampling menggunakan simple ramdom sampling dengan sampel sebagian respondenberjumlah 52 responden. Variabel independen komunikasiterapeutik dan variabel dependennya kepuasanpasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, entry data dan tabulating dan analisa data menggunakan uji rank spearman. Hasil penelitian komunikasi terapeutik didapatkan hasil (23,1%) baik berjumlah 12 responden, (30,8%) cukup berjumlah 16 pasien, (46,1%) kurang berjumlah 24 pasien. Tingkat kepuasanpasien didapatkan hasil (19,2%) tinggi berjumlah 10 pasien, (28,9%) sedang berjumlah 15 pasien, (51,9%) rendah berjumlah 27 pasien. Hasil uji statisstik rank spearman diperoleh angka signifikan atau angka p = 0,000 < ? (0.05), sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien diruang Melati RSUD Bangil. Kata Kunci :Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien} }