@thesis{thesis, author={Dwi Kurniawan Dimas}, title ={Pengaruh Terapi Bibliotherapy Terhadap Kemandirian Activity Daily Living (ADL) Pada Anak Autis (DI Sekolah Luar Biasa Autis Seribu Warna Kepanjen Jombang)}, year={2019}, url={http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/2346/}, abstract={Pendahuluan:Anak autis mempunyai hambatan dalam melakukan Activity Daily living (ADL). Activity daily living (ADL) yang terhambat akan mempengaruhi dalam pertumbuhan fisik dan kecerdasan pada anak autis. Tujuan: Penggunaan terapi bibliiothrapy dapat membantu mereka menambah dal kemandirian activity daily living (ADL) dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh bibliotherapy terhadap kemandirian activity daily living (adl) pada anak autis. Metode: Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain analitik pra eksperimenone group pre test dan post test. Populasi pada pada penelitian ini melibatkan semua anak autis diSLB Seribu Warna Kepanjen Jombang. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 33 anak dengan menggunakan simple random sampling. Variabel independent terapi bibliotherapy dan dependent kemandirian activity daily living (ADL) pada anak autis.Pengolahan data menggunakan editing, coding, skoring, tabulating dan analisis stastic uji wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian: Menunjukan sebelum dilakukan terapi bibliotherapy yaitu dibantu total: 3 anak dan dibantu: 30 anak. Kemampuan Activity daily living setelah dilakukan terapi bibliotherapy sebagian besar dalam kategori mandiri 93,9% dan dibantu 6,1%.Hasil uji stastic menggunakan uji wilcoxon diperoleh angka signifikan atau nilai p Value = 0,025 yang berarti <0,05 sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian: Ada pengaruh terapi bibliotherapy terhadap terhadap kemandirian actvity daily living (ADL) pada anak autis diSLB Autis Seribu Warna Kepanjen Jombang. Kata kunci: Bibliotherapy, Anak autis, Activity daily living (ADL)} }