@thesis{thesis, author={PERTIWI RATNA DWI}, title ={PENGARUH FAMILY PSICOEDUCATION THERAPY(FPE) TERHADAP PENINGKATAN MEKANISME KOPING KELUARGA DENGAN PASIEN STROKE DI RUANG ICU RS GATOEL MOJOKERTO}, year={2021}, url={http://repo.stikesmajapahit.ac.id/120/}, abstract={ABSTRAK : Kondisi kritis pasien stroke yang dirawat di Ruang ICU menimbulkan dampak kesehatan fisik dan psikologis keluarga. Keadaan tersebut dapat menimbulkan mekanisme koping dari rentang respon adaptif sampai dengan respon maladaptif keluarga yang merawat. Psikoedukasi efektif diberikan kepada keluarga dalam merawat anggota keluarga yang sakit karena memberikan informasi dan edukasi untuk keluarga / caregiver dalam mengatasi masalah yang dirasakannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Family PsycoEducation Therapy (FPE) terhadap peningkatan mekanisme koping keluarga pasien stroke di Ruang ICU RS. Gatoel Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan adalah pra-experiment tipe One Group Pre test ? post test Design dengan Teknik pengambilan non probability sampling jenis consecutive sampling, dengan jumlah respoden sebanyak 18 anggota keluarga pasien stroke di Ruang ICU. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner likert mekanisme koping yang diberikan pada pre test dan post test yang dilakukan pada tanggal 24 April ? 30 Mei 2020. Setelah data terkumpul dilakukan pengolahan data secara editing, coding, scoring dan tabulasi. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Diperoleh nilai dengan signifikasi 0,008 (p<0,05), artinya ada pengaruh Family PsycoEducation Therapy (FPE) terhadap peningkatan mekanisme koping keluarga pasien stroke di Ruang ICU. Pemberian FPE terbukti efektif meningkatkan mekanisme koping keluarga pasien stroke di Ruang ICU RS. Gatoel Mojokerto, sehingga perlu dipertimbangkan sebagai terapi yang diberika secara rutin di Ruang ICU RS Gatoel Mojokerto. Kata kunci : Stroke, Family Psycoeducation Therapy, Mekanisme koping keluarga.} }