@thesis{thesis, author={YOLANDRA SEPTINA EVA}, title ={HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG ANAK ( BOUGENVILLE) RSUD dr. HARYOTO LUMAJANG}, year={2021}, url={http://repo.stikesmajapahit.ac.id/253/}, abstract={ABSTRAK Mutu pelayanan keperawatan sebagai indikator kualitas pelayanan kesehatan di mata masyarakat. Salah satu indikator dari mutu pelayanan keperawatan adalah apakah pelayanan keperawatan yang diberikan itu memuaskan pasien atau tidak. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan keluarga pasien di Ruang Anak (Bougenville) RSUD dr. Haryoto Lumajang. Desain penelitian ini adalah cross sectional, menggunakan tehnik purposive sampling dan jumlah sampel adalah 56 responden.Penelitian dilakukan bulan Maret 2020. Hasil penelitian bahwa 50 orang (89,3%) menilai mutu pelayanan keperawatan di Ruang Anak (Bougenville) RSUD dr. Haryoto Lumajang adalah Sangat Baik dan 41 orang (73,2 %) menyatakan Sangat Puas terhadap pelayanan keperawatan di Ruang Anak (Bougenville) RSUD dr. Haryoto Lumajang. Berdasarkan hasil uji spearman rank dengan nilai taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil p=0,001 dan r=0,442sehingga p<0,05, maka Ha diterima, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan keluarga pasien di ruang anak (Bougenville)RSUD dr. Haryoto Lumajang.Upaya peningkatan mutu pelayanan keperawatan dapat dilakukan dengan memberikan Asuhan Keperawatan yang profesional sesuai standar keperawatan dan Standar Operasional Prosedur di Instansi tersebut serta senantiasa menerapkan 6 sasaran keselamatan pasien. Kata kunci : mutu pelayanan keperawatan, kepuasan keluarga pasien} }