@thesis{thesis, author={Mailani Yakob}, title ={KONTRIBUSI GURU PAK DALAM MENINGKATKAN KEROHANIAN ANAK BROKEN HOME}, year={2023}, url={http://repo.sttsetia.ac.id/533/}, abstract={Skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki kontribusi guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam meningkatkan kerohanian anak broken home. Anak-anak yang berasal dari keluarga broken home seringkali mengalami kemerosotan rohani karena kondisi keluarga yang tidak stabil dan kurangnya dukungan emosional. Pelatihan dan pengembangan kompetensi guru PAK di bidang kerohanian anak broken home menjadi faktor penting dalam kontribusinya. Guru PAK dapat menggunakan pendekatan holistik dalam pembelajaran, mengintegrasikan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pertumbuhan rohani, dan menjalin kolaborasi dengan orang tua serta pihak terkait lainnya. Mereka juga dapat memanfaatkan sumber daya yang relevan, seperti pemilihan literatur yang sesuai, pemanfaatan teknologi, kunjungan ke tempat-tempat rohani, dan mengundang pembicara tamu yang dapat memberikan inspirasi dan bimbingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif murni sebagai pendekatan penelitian utama. Metode kualitatif dipilih karena fokus penelitian ini adalah untuk memahami pengalaman dan persepsi guru PAK serta anak-anak broken home secara mendalam. Alasan pemilihan metode kualitatif murni dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang kaya dan terperinci tentang kontribusi guru PAK dalam meningkatkan kerohanian anak broken home. Metode ini membantu peneliti untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang persepsi, motivasi, dan tindakan guru PAK dalam konteks spesifik ini. Penelitian ini menekankan pentingnya evaluasi berkelanjutan terhadap metode dan pendekatan yang digunakan oleh guru PAK. Guru perlu terbuka terhadap umpan balik dari siswa, orang tua, dan rekan kerja, serta siap untuk memperbarui strategi mereka sesuai dengan kebutuhan yang muncul. Evaluasi ini akan membantu guru PAK meningkatkan efektivitas kontribusinya dalam meningkatkan kerohanian anak broken home.} }