@thesis{thesis, author={ASANAB FEBI ERNI}, title ={STRATEGI GURU PAK DALAM MENANAMKAN SPRITUALITAS KRISTIANI PESERTA DIDIK DAN IMPLIKASINYA BAGI PAUD ARASTAMAR KIDS PEKAN BARU}, year={2023}, url={http://repo.sttsetia.ac.id/570/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam menanamkan spiritualitas Kristiani pada peserta didik, serta implikasinya bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Arastamar Kids di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru PAK, dan analisis dokumen terkait program pendidikan PAUD Arastamar Kids. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAK di PAUD Arastamar Kids menerapkan berbagai strategi untuk menanamkan spiritualitas Kristiani pada peserta didik. Strategi tersebut meliputi pemanfaatan lagu rohani, doa, bacaan Alkitab, cerita-cerita keagamaan, kegiatan kebaktian, serta pembiasaan nilai-nilai Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Guru PAK juga berperan sebagai contoh teladan dalam mengamalkan ajaran Kristiani. Implikasi dari strategi yang diterapkan oleh guru PAK adalah adanya peningkatan kesadaran spiritual dan pemahaman agama pada peserta didik. Para peserta didik menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap nilai-nilai Kristen, serta mengembangkan perilaku moral dan etika yang sesuai dengan ajaran agama. Selain itu, pendekatan spiritualitas Kristiani dalam pendidikan PAUD Arastamar Kids juga memberikan kontribusi dalam membentuk kepribadian yang berakar pada nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi praktik pendidikan di PAUD Arastamar Kids dan lembaga pendidikan sejenis lainnya. Guru PAK di PAUD dapat menggunakan strategi-strategi yang telah terbukti efektif dalam menanamkan spiritualitas Kristiani pada peserta didik. Dalam jangka panjang, pengembangan pendekatan spiritualitas Kristiani dalam pendidikan PAUD dapat berdampak positif pada pertumbuhan spiritual dan moral peserta didik, serta membantu membangun generasi muda yang berakhlak mulia dan berlandaskan nilai-nilai agama.} }