@thesis{thesis, author={TRY ARHAM DUNGGIO A1P1 15 128}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WAWOTOBI PADA MATERI POKOK DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/393/}, abstract={ABSTRAK Try Arham Dunggio 2019 telah melakukan penelitian dengan judul penerapan model pembelajan problem Based learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Wawotobi pada materi pokok dinamika litosfer dan dampaknya pada kehidupan manusia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajan problem based learning pada materi pokok dinamika litosfer dan dampaknya pada kehidupan manusia? (2) Bagaimana aktivitas mengajar guru dengan penerapan model pembelajan problem based learning pada materi pokok dinamika litosfer dan dampaknya pada kehidupan manusia?. (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajan problem based learning pada materi pokok dinamika litosfer dan dampaknya pada kehidupan manusia?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajan problem based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas SMA Negeri 1 Wawotobi dengan jumlah siswa 34 orang. Hasil penelitian menggambarkan bahwa (1). Aktivitas belajar siswa dengan penerapan model problem based learning (PBL) mengalami peningkatan 1,0 dari skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 2,4 dan pada siklus II yaitu 3,4. (2). Aktivitas mengajar guru dengan penerapan model problem based learning (PBL) mengalami peningkatan 0,7 dari skor rata-rata aktvitas mengajar guru pada siklus I yaitu 2,4 dan pada siklus II yaitu 3,4. (3). Hasil belajar siswa dengan penerapan model problem based learning (PBL) mengalami peningkatan sebesar 31% dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 51% menjadi 82,36% pada siklus II sehingga hasil belajar siswa secara klasikal tercapai yaitu hasil belajar siswa ≥80% mencapai nilai KKM dengan nilai 70. Kesimpulan penelitian dengan penerapan model problem based learning (PBL) pada materi pokok dinamika litosfer dan dampaknya pada kehidupan manusia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Siswa, Hasil Belajar} }