@thesis{thesis, author={Asmira Tokase A1K1 15 104}, title ={Penerapann Model Discovery Learningg Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajaar Peserta Didik Kelas Xi Mia1 Di Sma Negeri 6 Koonawe Selatan Pada Materi Pokok Optika Geometri Dan Alat Optiik}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/40/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan gambaran peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MIA1 SMA Negeri 6 Konawe Selatan pada materi pokok optika geometri dan alat optik dengan menerapkan model discovery learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA1 SMAN 6 Konawe Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan essay test untuk hasil belajar kognitif dan lembar observasi untuk keterampilan proses sains dan keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: 1) Keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MIA 1 SMAN 6 Konawe Selatan pada materi pokok optika geometri dan alat optik yang diajar menggunakan model discovery learning mengalami peningkatan dari siklus I skor rata-rata keterampilan proses sains seluruh kelompok peserta didik berada pada kategori cukup, sedangkan pada sikus II seluruh kelompok peserta didik telah berada kategoriUHObaik. 2) Hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 1 SMANid6 Konawe Selatan pada materi pokok optika geometri dan alat optik yang diajar menggunakan model discovery learning mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,13 sedangkan pada siklus.IIacnilai rata-ratanya sebesar 78,31. Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar} }