@thesis{thesis, author={NUR INTAN A1B6 13 093}, title ={MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN KOTAK SORTASI DI KELOMPOK B TK YAA BUNAYYA HIDAYATULLAH}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/417/}, abstract={ABSTRAK Nur Intan (2019). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Media Permainan Kotak Sortasi di TK Yaa Bunayya Hidayatullah”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo. Pembimbing pertama Sitti Rahmaniar Abubakar dan pembimbing kedua Muamal Gadafi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media permainan kotak sortasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif di TK Yaa Bunayya Hidayatullah? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media permainan kotak sortasi di TK Yaa Bunayya Hidayatullah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas. Tahapan dalam penelitian ini, yaitu: (1) perencanaan, pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak TK Yaa Bunayya Hidayatullah yang berjumlah 18 orang anak didik yang terdiri atas 10 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan analisis data dari hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 61.54% atau 8 aspek dari 13 aspek yang diamati, aktivitas belajar anak didik siklus I persentase ketercapaian sebesar 58.33% atau 7 aspek dari 12 aspek, sedangkan hasil belajar anak didik dalam menigkatkan kemampuan kognitif di TK Yaa Bunayya Hidayatullah diperoleh persentase ketercapaian pada siklus I sebesar 61.11% atau 11 dari 18 orang anak didik. Sedangkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dimana ketercapaian sebesar 92.31% atau 12 aspek dari 13 aspek yang diamati, pada hasil aktivitas belajar anak didik siklus II diperoleh persentase ketercapaian menjadi 91.67% atau 11 dari 12 aspek yang diamati, sedangkan untuk hasil belajar anak didik dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui media permainan kotak sortasi diperoleh persentase ketercapaian pada siklus II sebesar 88.89% atau 16 dari 18 orang anak didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dapat ditingkatkan melalui media permainan kotak sortasi di TK Yaa Bunayya Hidayatullah Tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: Kemampuan kognitif, permainan kotak sortasi} }