@thesis{thesis, author={RATI SELFIA A1I115086}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 KONAWE SELATAN}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/418/}, abstract={ABSTRAK Rati Selfia (A1I1 150 86) “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan.” Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi pembelajaran matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif siswa kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan, (2) deskripsi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif, (3) deskripsi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Sealatan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIA sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model Generatif dan kelas VIIc sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Pretest– posttest Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial terdapat uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan berikut: (1) Persentase tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif selama tiga kali pertemuan berturut-turut 76,25%, 80% dan 88,5%. Persentase tingkat keaktifan siswa pada tiga kali pertemuan berturut-turut adalah 75%; 77,5% dan 83,75%. (2) Peningkatan kemampuan Pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran generatif memiliki rerata dan varians beruturut-turut 0,375 dan 0,024. (3) Peningkatan kemampuan Pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional memiliki rerata dan varians beruturut-turut 0,308 dan 0,11. (4) Ada pengaruh yang signifikan model generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan. Kata kunci: model pembelajaran, generatif, kemampuan pemahaman konsep} }