@thesis{thesis, author={JIDIN SAPUTRA A1N1 15 036}, title ={PEMANFAATAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 10 KONAWE SELATAN}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/54/}, abstract={ABSTRAK Jidin Saputra (A1N115036), laporan hasil penelitian Pemanfaatan Media Internet Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 10 Konawe Selatan, dibimbing oleh H. Barlian, dan Irawaty, masing-masing sebagai Pembimbing I dan Pembimbing II. Internet hadir di Kecamatan Angata pada tahun 2010 dimana jaringan internet masih 3G. Munculnya internet pada saat itu belum memberikan dampak pemanfaatan media internet pada siswa dan masyarakat khususnya di Kecamatan Angata. Seperti disalah satu sekolah di Kabupaten Konawe Selatan yaitu sekolah SMAN 10konawe Selatan telah menerapkan pemanfaatan internet pada saat melakukan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media internet dilakukan dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IIS 2 di SMANegeri 10 Konawe Selatan? (2) Apa manfaat apa saja yang diperoleh dengan penggunaan media internet dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IIS 2 di SMA Negeri 10 Konawe Selatan? (3) Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat siswa SMANegeri 10 Konawe Selatandalam memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar sosiologi? UHO Jenis penelitian ini adalahiddeskriptif kualitatif.Informan dalam penelitian . ini adalah guru dan siswa kelas XI IIS 2 di SMA Negeri 10 Konawe Selatan, yang terdiri dari guru mata pelajaran 1 orang, dan siswa kelas XI IIS 2 berjumlah 29 orang.Teknik pengumpulan. acdata yang dilakukan dalam penelitan ini dilakukan dengan tiga cara yaitu: Observasi, Kuisioner, Dokumentasi.Teknik Analisis Data pada penelitia ini adalah: reduksi data, penyajian data,Verifikasi data. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tentang “Pemanfaatan Media Internet Dalam Pembelajaran Sosiologi, maka dapat di tarik kesimpulan sebagai uho . berikut: (1) Penggunaan media internet di lakuakan dalam pembelajaran sosiologi sitedi Perpustakaan di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 10 Konawe Selatan adalah sebagai berikut: Informasi yang di butuhkan akan lebih cepat dan mudah dalam mencari sumber belajar yang masih kurang yang di bahas oleh guru, Munculnya metode pembelajaran yang baru , menciptakan metode baru yang yang abstrak, Meningkat kualitas belajar siswa dan mudah di pahami dalam penjelasan seorang guru., Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, Akses internet akan lebih mudah, IQ siswa lebih berwawasan luas. (2) Manfaat yang di peroleh dengan menggunakan media internet dsalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 10 Konawe Selatan Dalam kehidupan sehari-hari manusia khususnya siswa sering kali menemukan materi dengan mudah di media sosial seperti d facebook atau yang lainnya memang betul untuk mendapatkan ilmu tidak hanya di bangku sekolah di media sosial banyak pengetahuan yang dapat kita kutip. (3) Adapun faktor yang mendukung internet sebagai sumber belajar yaitu dalam proses pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 10 Konawe Selatan adalah penguasaan mengakses interne oleh siswa, penyediaan computer yang memadai, dan pengawasan guru mata pelajaran yang ketat; sedangkan yang menghambatnya adalah faktor perkembangan ilmu pengetahuan yang terhambat, penggunaan komputer terbatas, pendidikan moral, kurangnya tegangan listrik sekolah. Kata Kunci: Internet, Pembelajaran, Sosiologi,dan Siswa.} }