@thesis{thesis, author={Meliana Safany C1D3 14 138}, title ={Komunikasi Nonverbal Guru Pada Murid Penyandang Disabilitas Tunarungu (Studi Kasus Di Sekolah Luar Biasa Negeri Baruga Kota Kendari)}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/608/}, abstract={ABSTRAK Meliana Safany Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Stambuk C1D3 14 138 dengan judul skripsi Komunikasi Nonverbal Guru pada Murid Penyandang Disabilitas Tunarungu dibimbing oleh Dr. Muh. Aswan Zanynu, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing I, dan Hasriany Amin, S.Sos., M.Si selaku pembimbing II Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan teknik komunikasi nonverbal yang dilakukan guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Baruga Kota Kendari. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang komunikasi nonverbal yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas di Sekolah Luar Biasa Negeri Baruga Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teori Akomodasi Komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bentuk komunikasi nonverbal dengan menggunakan bahasa tubuh (kinesik) yang dilakukan oleh guru pengajar di SLB Negeri Baruga Kota Kendari adalah emblim, ilustrator , affect display (gerakan wajah), regulator, dan adaptor. Teknik komunikasi nonverbal yakni redundansi, informatif, pesuasif, dan instruktif. Hal ini menyimpulkan bahwa selama proses belajar mengajar di dalam kelas berlangsung, terjadi penyamaan gaya komunikasi yang dilakukan oleh guru sebagai suatu usaha dalam memberikan pemahaman makna kepada murid tunarungu. Kata kunci : Komunikasi, nonverbal, guru, tunarungu} }