@thesis{thesis, author={HERMANIPI A1G1 15 019}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS VA SDN 61 KENDARI}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/654/}, abstract={ABSTRAK HERMANIPI, 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Saintifik pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan di Kelas VA SD Negeri 61 Kendari”. Hasil Penelitian Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing (1) Lisnawati Rusmin,S.Pd.,M.Sc dan (2) Dra.Hj.Sakka Hasan,M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan saintifik pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas VA SD Negeri 61 Kendari.Yang bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan saintifik pada tema peristiwaa dalam kehidupan di kelas VA SD Negeri 61 Kendari. Pada awal observasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik terlihat bahwa siswa tidak aktif dalam bertanya, menjawab atau indikator berpikir kritis lainnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 24 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa dari jumlah 24 siswa yang dapat menyelesaikan soal berpikir kritis berjumlah 7 orang. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa dari pembelajaran pertama sampai ke empat pada tema peristiwa dalam kehidupan. Adapun hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi berjumlah 4 orang yakni sudah mampu menguasai semua indikator berpikir kritis dengan baik. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang berjumlah 11 orang yakni belum bisa menarik kesimpulan dengan baik sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah berjumlah 9 orang yakni kesulitan dalam menarik kesimpulan dan mengutarakan pendapat sehingga masih membutuhkan latihan dan motivasi yang tinggi untuk memperbaiki belajarnya.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan saintifik pada tema peristiwa dalam kehidupan semakin baik atau meningkat. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pendekatan Saintifik, Tema Peristiwa dalam Kehidupan} }