@thesis{thesis, author={Achmad Amiruddin A1A3 12 050}, title ={Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Di Smp Negeri 20 Kendari)}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/735/}, abstract={ABSTRAK Achmad Amiruddin (A1A3 12 050)“ Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran (Studi di SMPN 20 Kendari) “ Dibimbing Oleh Dra Irawaty M.Pd sebagai pembibimbig I dan Dr Abdul Halim Momo M.Si Selaku Pembimbing II Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai Nasioanalisme Siswa di SMPN 20 Kendari.(2) untuk mengetahui hambatan-hambatan guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. (3) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Responden sebanyak 2 orang guru PPKndaninforman penelitiansebanyak 3 orang yaitu Kepala sekolah, wasek Kesiswaan dan guru agama islam. Teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif (Milles dan Huberman) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Nilai-Nilai Nasioanalisme mencakup Religius; (sholat, baca quran), Kedisiplinan; (berpakaian rapi dan tepat dalam belajar), Bertanggung jawab; (pelaksanaan tugas dari sekolah) dan kepedulian; (dalam menjaga kebersihan sekolah).2) adapun hambatan guru dalam menerapkan nilai-nilai Nilai-Nilai Nasioanalisme:meliputi Faktor Intenal; dari diri siswa (minat,dan bakat) dan eksternal; Lingkungan keluarga dan masyarakat.3) Upaya guru dalam mengatasi hambatan internal; misalnya membuat pembelajaran lebih menarik dengan menggunakan pembelajaran variasi, sedang eksternal meliputi melakukan pendekataan secara persuasif pebinaan khusus. Kesimpulan penelitian ini bahwa peran Guru menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada siswa dalam pembelajaran PPKn belum “maksimal” yang terdapat hambatan (internal dan eksternal) sedang Upaya guru dalam mengatasi hambatan internal; (membuat pembelajaran lebih menarik sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa) Kata Kunci : Nilai-nilai Nasionalisme, hambatan, Upaya guru.} }