@thesis{thesis, author={Ramadhan Abdul Azis Muhammad Izhar A1A3 14 027}, title ={Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatkan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Xi Ipa.1 SMA Negeri 1 Lawamateri Kasus-Kasus Ancaman Terhadap Ideologi,Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan Dan Keamanan Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/9/}, abstract={ABSTRAK Ramadhan Abdul Azis Muh. Izhar (A1A314027) “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Lawa. Materi Kasus-Kasus Ancaman Terhadap Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan Dan Keamanan Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika”. Dibimbing Oleh Drs. Hamuni, M.Si selaku Pembimbing I dan Dra. Irawaty, M.Pd selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA. 1 SMA Negeri 1 Lawa, 2) Meningkatkan aktivitas mengajar guru, 3) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA. 1 SMA Negeri 1 Lawa. Jenis penelitian: deskriptif, dengan mengguanakan pendekatan kualitatif, penelitian ini fokus pada Penelitian tindakan kelas dan tempat pelaksanaan SMANegeri 1 Lawa tahun ajaran 2018/2019. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Lawa berjumlah 31 orang, terdiri dari 13 orang laki–laki dan 18 orang perempuan, serta 1 orang guru PPKn. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Data ini diperoleh dari tes hasil belajar PPKn siswa kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Lawa dengan materi tentang kasus-kasus ancaman terhadap ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dalam bingkai bhineka tunggal ika dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan: 1) Aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan. Siklus I sebesar 70% meningkat pada Siklus II menjadi 90%, 2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Siklus I sebesar 60% meningkat pada Siklus II menjadi 90%, 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Siklus I sebesar 48% yang memperoleh nilai minimal 70, meningkat pada Siklus II menjadi 90% yang memperoleh nilai minimal 70. Kesimpulan: bahwa aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas XI IPA.1 dengan materi Kasus-Kasus Ancaman Terhadap Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan Dan Keamanan Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Kata kunci: Penerpan, Model Pembelajaran, Hasil Belajar.} }