@thesis{thesis, author={Astaningtias Ni Made Irene Novianti and Tulle Charlie Paschal Jordan Dilliyano and Widianti Aristya}, title ={HUBUNGAN ANTARA STRATEGI COPING DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI X UNIVERSITAS Y YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI}, year={2022}, url={http://repo.unbi.ac.id/id/eprint/225/}, abstract={Skripsi merupakan tugas yang tidak dapat dianggap mudah. Pada umumnya mahasiswa menjadi tersendat-sendat atau terhambat ketika menyusun skripsi, karena adanya kendala-kendala yang dihadapi selama proses penyusunan skripsi tersebut. Kendala atau masalah tersebut merupakan stressor yang dapat menyebabkan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Adapun salah satu faktor yang dapat membantu untuk menghadapi stres adalah strategi coping. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara strategi coping dengan stres akademik mahasiswa Program Studi X Universitas Y yang sedang mengerjakan skripsi. Skala stres akademik yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Oktafiani (2020) dengan validitas 0,399-0,709 dan reliabilitas 0,922. Penelitian ini juga menggunakan skala strategi coping yang diadaptasi dari Sipayung (2016) dengan rentang nilai validitas 0,306-0,663 dan reliabilitas 0,907. Penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan antara strategi coping dengan stres akademik. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi X Universitas Y yang sedang mengerjakan skripsi berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil penelitian dengan uji regresi linier sederhana memperoleh nilai signifikansi ? sebesar 0,000 (? < 0,05), artinya ada hubungan antara strategi coping dengan stres akademik mahasiswa prodi X universitas Y yang sedang mengerjakan skripsi. Nilai kontribusi variabel strategi coping terhadap variabel stres akademik adalah 29,9%.} }