@thesis{thesis, author={Andhini Luh Putu Ratih and Karlinda Indiani Diah Betari and Utami Ni Made Sintya Noviana}, title ={HUBUNGAN SELF DISCLOSURE DENGAN STRES PADA MAHASISWA YANG MENJALANI KULIAH DARING DI MASA PANDEMI COVID-19}, year={2022}, url={http://repo.unbi.ac.id/id/eprint/242/}, abstract={Virus corona menyebabkan banyak pemerintah negara menghadirkan alternatif pembelajaran berupa pembelajaran daring. Akan tetapi alternatif yang terbilang mendadak berdampak pada kondisi stres mahasiswa. Salah satu cara untuk memahami stres yakni dengan mengetahui situasi yang dialami atau melakukan self disclosure. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan self disclosure dengan stres pada mahasiswa yang menjalani kuliah daring di masa pandemi Covid-19. Partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa salah satu program studi pada Universitas X yang mengikuti perkulihan daring di masa pandemi. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Kemudian skala yang digunakan merupakan skala adaptasi, dan disebarkan kepada partisispan melalui google form. Skala self disclosure disusun oleh Gamayanti, Mahardianisa, Syafei (dalam, Putra 2020), sedangkan skala stres diadaptasi dari Sinaga (2021). Penelitian ini menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Hasil penelitian dengan regresi linier sederhana memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,048 (? < 0,05) dengan nilai B (koefisien regresi) sebesar 0,311 serta nilai R Square sebesar 0,02. Artinya, terdapat hubungan positif self disclosure terhadap stres dengan kontribusi sebesar 2%. Gambaran stres mahasiswa berada pada tingkat sedang dengan persentase 45,6 % dan gambaran self disclosure berada pada tingkat sedang dengan persentase 49,2%.} }