@thesis{thesis, author={Apsari Dewi Puspita and Dewi Ni Putu Apsari and Saraswati Anak Ayu Sri}, title ={HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SURYA FARMA DALUNG KABUPATEN BADUNG TAHUN 2020}, year={2020}, url={http://repo.unbi.ac.id/id/eprint/77/}, abstract={Waktu tunggu pelayanan resep dapat mencerminkan suatu proses kerja dari tenaga farmasi dalam melakukan pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Dalam mewujudkan pelayanan prima, apotek harus dapat mengoptimalkan waktu tunggu yang pendek untuk pelayanan resep obat jadi maupun obat racikan sehingga mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di apotek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di apotek. Jenis penelitian observasional dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelational dan rancangan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chisquare. Waktu tunggu pelayanan obat di Apotek Surya Farma Dalung sebagian besar telah memenuhi standar 44 responden (88%) untuk obat racikan dan 40 responden (80%) untuk obat non racikan. Tingkat kepuasan pasien terhadap waktu tunggu pelayanan obat racikan 37 responden (74%) dan dan obat non racikan 33 responden (66%) menyatakan puas. Terdapat hubungan yang negatif sedang (r = -0,483) dan signifikan (p= 0,000) antara waktu tunggu pelayanan obat racikan dengan kepuasan pasien di Apotek Surya Farma Dalung. Terdapat hubungan yang negatif sedang (r = 0,465) dan signifikan (p= 0,001) antara waktu tunggu pelayanan obat non racikan dengan kepuasan pasien di Apotek Surya Farma Dalung. Sehingga semakin lama waktu tunggu pelayanan obat semakin pasien merasa tidak puas.} }