@thesis{thesis, author={Putri Dhiancinantyan Windydaca Brata and Saraswati Anak Ayu Sri and Sari Novita}, title ={PELAYANAN INFORMASI OBAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG}, year={2020}, url={http://repo.unbi.ac.id/id/eprint/91/}, abstract={Latar Belakang : Pelayanan kefarmasian saat ini telah bergeser orientasinya dari drug oriented menjadi patient oriented. Salah satu pelayanan kefarmasian yang belum optimal adalah pelayanan informasi obat sehingga peran tenaga kefarmasian sangat penting dalam pemberian informasi obat di apotek guna mencapai derajat kesehatan masyarakat sesuai Permenkes No. 73 tahun 2016 yang berdampak pada tingkat kepuasan masyarakat diukur menggunakan 5 dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangible Tujuan : Mengetahui hubungan pelayanan informasi obat terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Metode : Observasional analitik desain cross-sectional, Jumlah sampel sebanyak 97 dengan cara convenience sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil : Terdapat hubungan pelayanan informasi obat terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada dimensi reliability (nilai p-value p? 0,05; CC : 0,629), terdapat hubungan pelayanan informasi obat terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada dimensi responsiveness (nilai p-value p? 0,05; CC : 0,572), terdapat hubungan pelayanan informasi obat terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada dimensi assurance (nilai p-value p? 0,05; CC : 0,763), terdapat hubungan pelayanan informasi obat terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada dimensi empathy (nilai p-value p? 0,05; CC : 0,815), terdapat hubungan pelayanan informasi obat terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada dimensi tangible (nilai p-value p? 0,05; CC : 0,729). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pelayanan informasi obat terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung.} }