@thesis{thesis, author={Adinda Novita Silva ANS}, title ={Hubungan Karakteristik dengan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek X Wilayah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar}, year={2021}, url={http://repo.unbl.ac.id/684/}, abstract={Dalam menjamin mutu pelayanan kefarmasian di apotek, maka harus dilakukan evaluasi mutu pelayananan kefarmasian. Pelayanan fasilitas kesehatan yang memuaskan akan jadi pertimbangan bagi pasien untuk menilai fasilitas kesehatan dan kembali kefasilitas kesehatan yang sama ketika membutuhkan pelayanan kesehatan. Hal tersebut akan menjadi promosi dari mulut ke mulut bagi calon pasien dan berdampak positif bagi Apotek. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara karakteristik dengan tingkat kepuasan pasien di apotek X wilayah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel adalah pasien yang ditemui sedang membeli obat di apotek sebanyak 365 orang, diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji ChiSquare. Hasil penelitian menunjukkan data partisipasi mayoritas usia 46-65 tahun sebanyak 141 orang (38,6%), Laki-laki sebanyak 219 orang (60,0%), pendidikan tinggi 157 orang (43,0%), sudah bekerja sebanyak 300 orang (82,2%), penghasilan dibawah UMR sebanyak 201 orang (55,1%), puas sebanyak sebanyak 351 orang (96,2%). Hasil uji chi-square didapatkan nilai p-value pada karakterisitik usia (0,274 > 0,05), Jenis kelamin (0,148 > 0,05), Pendidikan terakhir (0,064 > 0,05), Pekerjaan (0,074 > 0,05), Penghasilan (0,480 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara karakteristik responden dengan tingkat kepuasan pasien di apotek X wilayah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.} }