@thesis{thesis, author={Sifa Sifa}, title ={PENGEMBANGAN MODUL DIKLAT BERMUATAN MULTIKULTURAL UNTUK GURU BAHASA INDONESIA SMP/MTs}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10050/}, abstract={Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul diklat guru Bahasa Indonesia bermuatan multikultural yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan dilakukan dengan menerapkan tahapan pengembanagn model ADDIE yang meliputi: (1) analysis menyangkut analisis tentang kebutuhan modul diklat Bahasa Indonesia; (2) design dengan kegiatan merancangan konsep produk; (3) develop untuk menguji validasi isi melalui uji ahli dan uji keterbacaan; (4) Implementation Tahap implementation, tahap ini merupakan fase yang peneliti gunakan sebagai penerapan Modul Diklat Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural dalam kegiatan Diklat guru bahasa Indonesia MTs setelah mengalami perbaikan berdasarkan masukan dari validator. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Oktober 2019.(5) Tahapan Evaluation, Pada fase ini dapat dilakukan penilaian terhadap produk modul tiap tahap dan secara menyeluruh. Dalam hal ini diperlukan adanya instrumen praktikalitas dan efektifitas hasil implementasi produk penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data sehingga diperoleh informasi. Validasi model dilakukan melalui uji validitas ahli, yang hasilnya diolah menggunakan formula Gregory. Uji kepraktisan menggunakan instrumen observasi, kuesioner respons widyaiswara dan kuesioner respons peserta diklat. Uji keefektifan menggunakan rancangan eksperimen dengan melibatkan 60 orang peserta diklat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul Diklat Guru Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural dinyatakan valid; dengan koefesien validasi ≥ 0,7 dan mendapat penilaian dengan kategori sangat baik; (2) Modul Diklat digunakan dengan rata-rata skor 4,71 dengan kategori sangat praktis; (3) Modul Diklat dinyatakan efektif dengan hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa produk penelitian mampu menginternalisasikan muatan multikultural (nilai t= 15,27, df = 29), dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah modul diterapkan Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan modul diklat.} }