@thesis{thesis, author={Magdalena Juni}, title ={ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU IPA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10082/}, abstract={Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru IPA di SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian kualitatif dengan tata cara deskriptif. Penelitian kualitatif ialah menginterpretasikan fenomena yang dialami oleh subjek yang dikaji, seperti langkah, motivasi, persepsi, perilaku dan lain-lain. Penelitian kualitatif dengan tata cara deskriptif yang dipakai dalam penelitian ini untuk memahami kejadian yang terjadi di lapangan, dan menggambarkan atau mendeskripsikan dari capaian penelitian atau kejadian yang terjadi dalam bentuk kata-kata. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Capaian penelitian menyiratkan bahwasanya 1) kompetensi pedagogik guru menganalisa dan memahami karakteristik peserta didiknya untuk mempersiapkan rancangan pembelajaran, materi, tata cara, media, strategi pembelajaran, sesuai dengan keperluan peserta didiknya, melangsungkan pembelajaran yang mendidik, dan membantu peserta didik dalam mengaktualisasikan potensi yang dimiliki peserta didik. Namun masih ada yang perlu dikembangkan oleh guru yaitu indikator teori belajar dan prinsip pembelajaran. 2) kompetensi profesional guru yang dilakukan dengan cara, penguasaan materi secara luas, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar IPA, mengembangkan materi secara kreatif, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan langkah reflektif, seperti, sertifikasi, pelatihan, workshop, webinar, olimpiade guru, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri, untuk merancang dan melangsungkan kegiatan pembelajaran serta terus belajar untuk memperlengkapi diri dalam mengembangkan keprofesionalannya bagaikan tenaga pendidik. Namun ada satu parameter kompetensi profesional yang tidak terpenuhi yaitu masih banyak guru yang belum memiliki syarat bagaikan tenaga pendidik yang profesional. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional} }