@thesis{thesis, author={Pastini Ni Wayan}, title ={PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN PENGENDALIAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 UBUD TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10130/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap hasil belajar PPKn sebelum dan sesudah pengendalian pengaruh motivasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ubud yang terdiri dari sepuluh rombongan belajar. Dengan menerapkan teknik random sampling, dua kelas terpilih sebagai sampel, yang mana satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 7E dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar PPKn dikumpulkan dengan tes untuk selanjutnya dianalisis dengan analisis varians satu jalur dan analisis kovarian satu jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan model learning cycle 7E dan model pembelajaran konvensional dengan FHitung = 17,008 dengan signifikansi = 0,000 (p < 0,05); (2) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan model learning cycle 7E dan model pembelajaran konvensional, setelah diadakan pengendalian pengaruh variabel motivasi belajar siswa dengan Fhitung = 22,578; dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PPKn dengan kontribusi sebesar 25,20 %. Berdasarkan temuan-temuan disimpulkan bahwa model learning cycle 7E berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn baik sebelum maupun sesudah variabel motivasi belajar siswa dikendalikan.} }