@thesis{thesis, author={Sugiono Moch.}, title ={ANALISIS STRUKTUR, UNSUR REALISME, DAN KONTEKSTUALITAS DALAM NASKAH DRAMA PADA PEMBELAJARAN DRAMA DI SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10182/}, abstract={Penelitian deskripstif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) struktur naskah drama guru Bahasa Indonesia pada pembelajaran drama di SMAS Laboratorium Undiksha, 2) unsur realisme di dalam naskah drama guru Bahasa Indonesia pada pembelajaran drama di SMAS Laboratorium Undiksha, dan 3) kontekstualitas naskah drama guru Bahasa Indonesia pada pembelajaran drama di SMAS Laboratorium Undiksha. Subjek penelitian ini adalah naskah drama pada pembelajaran drama di SMAS Laboratorium Undiksha. Objek penelitian ini adalah struktur, unsur realisme, dan kontekstualitas di dalam naskah drama guru Bahasa Indonesia. Terdapat empat metode yang digunakan untuk pengumpulan data, antara lain: (1) dokumentasi, (2) observasi, (3) wawancara, dan (4) studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) naskah drama guru Bahasa Indonesia memiliki struktur yang lengkap, kecuali naskah Grubug dan Sungsang. Di dalam naskah Grubug dan Sungsang hanya ditemukan struktur prolog dan dialog, sedangkan struktur epilog tidak ditemukan. 2) unsur realisme yang terkandung di dalam naskah drama guru Bahasa Indonesia meliputi (1) realisme sosial, (2) realisme psikologis, dan (3) realisme magis. Unsur reaslisme sosial terdapat pada naskah Grubug dan Anjing Sambada; unsur realisme psikologis terdapat pada naskah Siapa Aku?; dan unsur realisme magis terdapat pada naskah Sungsang. 3) dari segi kontekstualitas, keempat naskah guru Bahasa Indonesia sesuai dengan kondisi sosial budaya peserta didik. Dengan demikian, keempat naskah drama dapat digunakan di dalam pembelajaran drama kelas XI MIPA I dan XI MIPA II di SMAS Laboratorium Undiksha.} }